Chef Inggris Bikin Gado-Gado Versinya Sendiri, Malah Dinyinyirin Netizen Indonesia

Februari 21, 2018


Majalah mata indonesia - Indonesia memang mempunyai beragam jenis kekayaan. Mulai dari kekayaan alam, budaya, hingga kuliner. Misalnya rendang yang udah diakui sebagai masakan terenak nomor satu di dunia. Keren, kan?


Dan baru-baru, seorang Celebrity Chef dari Inggris, Jamie Oliver membuat kuliner gado-gado dari Indonesia. Dia kemudian mengunggah video tersebut di akun Twitternya. Jamie mengakui kalau gado-gado tuh wuenak banget, sampe-sampe dia menyebutnya Georgeus Gado-Gado. Dia lalu mengunggah resep dan praktik pembuatan gado-gado versinya.

Beberapa kali, Jamie mengucapkan kata gado-gado, yang pengucapannya lucu banget.

"Sekarang saya akan membuat gado-gado, yang pada dasarnya adalah salad kubis yang berasal dari Indonesia. Gado-gado adalah street food yang terbuat dari kubis, tahu garing, dan mentimun," kata Oliver dalam videonya.

Tapi, karena keterbatasan bahan baku, gado-gado buatan Jamie memang gak mirip seperti buatan abang gado-gado yang sering kamu makan. Bahan baku gado-gado asli pasti susah banget didapetin di sana.  Kalobiasanya gado-gado diberi tambahan kangkung rebus, toge, irisan kol, tahu goreng, mentimun, kentang rebus, telur rebus, sampai kacang panjang, Jamie Oliver menggantinya dengan beberapa bahan lain.

Gado-gado buatannya merupakan campuran sayuran dari irisan kol merah, kol putih, kentang rebus, tahu yang digoreng dengan sedikit minyak, radish, tomat, mentimun, dan toge.

Proses pembuatannya juga berbeda. Di indonesia, gado-gado dibuat dengan kacang tanah yang dihaluskan atau diulek dengan tambahan air asam, cabai, garam, dan bawang putih. Nah, kalo Jamie membuat sausnya dengan selai kacang yang dicampur dengan gula palem, bawang putih, serta tambahan perasan air jeruk. Trus diblender.


Nah, karena beberapa perbedaan ini, gado-gado buatan Jamie mendapat banyak sekali kritikan dari netizen Indonesia yang maha benar dan sudah meraih michelin star. 

"Itu karedok, bukan gado-gado. Kalo gado-gado, sayurannya harus direbus dulu," kata salah seorang netizen.

Ada juga yang mengomentari cara Jamie yang memakai blender dan bukan memakai ulekan. Kalo di Indonesia sih gampang nyari ulekan. Nah, di Inggris? Nyari ulekan dimana?

"So wrong on so many levels. You better do research first and ask bulek gado-gado itself," tulis @KeropokMihun.



"Use fried peanuts, not butter and DON'T use blender because it will make the flavor less delicious. Use stone grinder," tulis @Rockin_marvin. 

"Tiap hari kerja ngulek gado-gado, ga pernah bikin make red cabbage. Inget food cost chep," tulis @astriule. 

Baca Juga :



Meski demikian ada juga yang membela Jamie Oliver. 

"That's okay everyone. Gado-gado is food that we can modify as what we want. It's not Jamie's fault. Thankyou Jamie for representing gado-gado from Indonesia.keep up the good work," tulis @solivagand.

"Thank you very much for making "your version" of gado-gado.. God bless U. Keep up the good work. Also try RENDANG, You'll love it too," tulis@rmdn13. 

Netizen Indonesia mah gak ada puasnya ya. Ketika Chef luar negeri nan terkenal mempromosikan kuliner khas Indonesia, eh malah dinyinyirin. Seakan-akan merekalah juru masak paling hebat. Padahal, disuruh masak air aja, gosong. Menurut kamu, apakah gado-gado buatan Jamie pantas dinyinyirin seperti ini?

 

You Might Also Like

0 komentar